Kawasaki

Sykes, who has been an official Kawasaki rider for the past two seasons and a key figure in the development of the current Ninja ZX-10R racebike,...

Ducati

After a positive first two days during the final round of the MotoGP season 2011, the Ducati team had been unfortunate and untimely end for the Valencia Grand Prix...

Yamaha

Racing M. Zaki on a Yamaha Yamalube FDR KYT Trijaya MP3MotoPrix round champion Successful Kemayoran Circuit VIII at last...

Honda

Ultimate series Honda Racing Championship 2008 (HRC) was fierce in the Park Circuit, Surabaya (2 / 11)...

Suzuki

Drag Bike Series Race War II in the Garden of Hope Indah Circuit City (7-8/5) and then, again proved his toughness Suzuki Shogun 125 owned by Erwin...

Wednesday, November 30, 2011

Korek Mesin Balap Jupiter Z

Ada kesempatan untuk mengembangkan ilmu yang selama ini kita pendam hehehe…
Walaupun kita emang bukan bengkel balap terkenal, juga bukan speed shop yang kweren abiss, bersyukur ada orang gila balap sanggup percaya dengan tampang kita yang katrok-katrok dan cupu-cupu ini hihihi… Mana bengkel kita ndeso abis deh… di kampung nyempil di antara perumahan, hehehe… cukup2 curhatnya..
Project yang bikin kita really-really horny Nowadays is the Yamaha Engine Jupiter Z, Project full BORE UP yamaha jupiter z,dengan paket mur-mer-ceng
Pertama kita tebus adalah Piston tiger Oversize Nol dengan Diameter 63.5. Bagaimana ruang bakarnya ya… Emmpphh.. Hitung-menghitung akhirnya kita putuskan diameter intake kita porting selebar 22mm karena disini kita akan main di RPM 10.000, dapetlah hitungan Klep Intake 25mm. Comot dari pabrikan tetangga berlabel “S” maka sekalian dibenamkan klep Ex-nya ke cylinder head.

Modifikasi Mesin Balap Jupiter Z

road race? mungkin tips otomotif kami dibawah ini dapat bermanfaat untuk Anda yang memang menginginkan Motor Jupiter Anda dijadikan Motor Balap. Silahkan simak dibawah ini :

Pertama kita tebus adalah Piston tiger Oversize Nol dengan Diameter 63.5. Bagaimana ruang bakarnya ya? Emmpphh.. Hitung-menghitung akhirnya kita putuskan diameter intake kita porting selebar 22mm karena disini kita akan main di RPM 10.000, dapetlah hitungan Klep Intake 25mm. Comot dari pabrikan tetangga berlabel ?S? maka sekalian dibenamkan klep Ex-nya ke cylinder head.

Klep In 25mm - Ex 23mm
Akhirnya pesanan liner honda Tiger sudah datang, maka kita kirim blok ke tukang bubut untuk di overbore?

Satu hal yang sedang kita riset pada motor ini adalah High Velocity Porting? Hmm? Seperti apa? Ini adalah teknik meningkatkan aliran udara pada ruang pemasukan bahan bakar, agar saat Putaran Mesin menjadi super cepat dan waktu buka-tutup klep semakin singkat, campuran udara-bahan bakar dapat menerobos masuk ke dalam silinder.

Pengerjaanx adalah dengan menambal lubang porting dengan epoxy, menggesernya sekitar 1mm untuk mendapat aliran udara yang lebih tinggi serta ditengah jalur pemasukan kita buatkan rongga untuk waiting zone? Idealnya power akan tersimpan di putaran bawah-menengah kemudian dihempaskan habis di Putaran Atas.

PISTON TIGER 63.5mm
Hmm.. masih banyak part yang menunggu untuk diaplikasikan, pesanan gearbox super close juga masih 2 minggu lagi baru datang.. Akhirnya kita adjust camshaft original yang kita gerinda hingga 3.5mm hingga bentuknya kurus banget hehehe, kaya kurang gizi.

Knalpot kita memakai AHAU motor yang emang udah terkenal jagonya bikin knalpot performa tinggi, tapi nggak menutup kemungkinan jika emang brother sekalian mau pesen knalpot custom made in R.A.T kita bisa hitungin dan buatkan special order dengan harga lebih miring tentunya.

Hanya saja memang kita tidak bisa memproduksi tampilan yang bagus dan meyakinkan, label yang keren ataupun bahan pipa stainless karena custom knalpot kita emang lebih kepada performa bukan penampilan? Yah namanya juga lagi belajar bikin knalpot custom hehehe?

Selamat mencoba,… sukses selalu untuk Anda.

Saturday, November 26, 2011

Daily racing exhaust easy way power jack

New Type of racing exhaust R9 Mugello, Materials stenliss Full. visit our website ... Ninja 150 racing exhaust, and under the standard model tersedi

CMS racing exhaust maknyus

One way to boost the motor power is to replace the muffler (exhaust) with a model racing. Believed, racing exhaust more 'smoothly'

NEW ..!!!! Racing exhaust

CLD neck racing exhaust made ​​of stainless steel. Mio / Nouvo Standard Racing = Rp. 600.00. Mio / Nouvo Bore Up = Rp. 650,000. Satria FU = Rp. 750 000

Wednesday, November 23, 2011

Indikator Kerusakan dan Harga Sokbreker Skubek

Secara umum, sokbreker belakang skubek memiliki usia pakai yang lebih singkat dibanding suspensi depan. Ini lantaran sebagian skubek mengaplikasi suspensi tunggal yang letaknya di sebelah kiri. Beda dengan monosok yang diterapkan pada kategori bebek atau sport yang letaknya center alias di tengah.

“Biasanya memang suspensi belakang yang lebih duluan diganti dibanding dengan depan. Waktunya tidak bisa ditentukan. Ada yang sudah berumur 3 tahun kondisi suspensi belakang masih bagus, tapi terkadang ada juga motor yang baru 2 tahun dipakai sudah mesti ganti sok,” jelas Guntur, mekanik Ramaya Motor, bengkel Honda di wilayah Meruya, Jakarta Barat.

Menurut Guntur, cepat tidaknya sebuah suspensi diganti tergantung dari cara pemakaian dan jalur yang sering dilewati. “Dua hal inilah yang sangat mempengaruhi. Kalau cara bawanya tidak apik, ada lubang disikat, polisi tidur dihajar, pasti bakal cepat rusak,” jelasnya. Selain itu, kondisi jalur yang dilewati, misalnya, banyak lubang dan jalan keriting akan mempercepat keausan suspensi.

Memi Dimyati, mekanik Suzuki Meril yang berada di Teluk Gong, Jakarta Barat mengungkapkan ada beberapa indikasi kalau suspensi rusak. Pertama, tendangan balik (rebound) lembut, goncangan jadi lebih kencang dan, “Kalau berbelok goyang,” cetusnya.

Secara fisik mengetahui suspensi sudah rudak memang agak sulit. “Karena sebagian besar fungsi komponen terletak di dalam tabung sok,” tambah Guntur. Namun demikian, ia memberikan sedikit penjelasan, bahwa dengan memperhatikan cairan di sekitar batang sok sudah bisa menjadi indikasi bahwa suspensi bermasalah. “MIsalnya di batang sok ada oli. Ada kemungkinan sil soknya sudah aus atau as soknya yang sudah baret,” ungkap Guntur.

Kalau mendapati kejadian seperti harus secepatnya diantisipasi. “Untuk sok depan bisa direpair atau perbaiki per part. Jangan terlalu lama menunggu untuk diperbaiki. Karena akan merusak bagian bagian lainnya,” tambah Memi. Untuk suspensi belakang menurut Memi dan Guntur kalau sudah rusak sebaiknya tidak diperbaiki. Karena, usia pakai setelah perbaikan sangat pendek. “Susah diperbaiki, harus ganti satu set,” jelasnya.

Sedangkan untuk suspensi depan, bisa diperbaiki part-partnya saja. Seperti sil, as sok sampai ke tabung sok. Berikut ini daftar harga komponen-komponen yang terdapat di suspensi. (motorplus-online.com)

Suzuki Spin
Sil sok : Rp 20.000
Per sok : Rp 20.000
Tabung sok : Rp 260.000
As sok : Rp 120.000
Minyak sok : Rp 10.000
Pipa suling : Rp 25.000
Sok belakang : Rp 175.000
Sok depan : Rp 310.000

Suzuki Skydrive
Sil sok : Rp 20.000
Per sok : Rp 25.000
Tabung sok : Rp 300.000
As sok : Rp 130.000
Minyak sok : Rp 10.000
Pipa suling : Rp 25.000
Sok belakang : Rp 210.000
Sok depan : Rp 330.000

Suzuki Skywave
Sil sok : Rp 20.000
Per sok : Rp 25.000
Tabung sok : Rp 380.000
As sok : Rp 210.000
Minyak sok : Rp 10.000
Pipa suling : Rp 35.000
Sok belakang : Rp 350.000
Sok depan : Rp 330.000

Suzuki Hayate
Sil sok : Rp 20.000
Per sok : Rp 30.000
Tabung sok : Rp 340.000
As sok : Rp 210.000
Minyak sok : Rp 10.000
Pipa suling : Rp 35.000
Sok belakang : Rp 190.000
Sok depan : Rp 350.000

Honda Beat
Sil sok : Rp 29.000
Per sok : Rp 15.000
Tabung sok : Rp 125.000
As sok : Rp 102.000
Minyak sok : Rp 20.000
Pipa suling : Rp 28.000
Sok belakang : Rp 180.000
Sok depan : Rp 257.000

Honda Vario
Sil sok : Rp 29.000
Per sok : Rp 16.000
Tabung sok : Rp 127.000
As sok : Rp 105.000
Minyak sok : Rp 20.000
Pipa suling : Rp 28.000
Sok belakang : Rp 180.000
Sok depan : Rp 257.000

Honda Scoopy
Sil sok : Rp 29.000
Per sok : Rp 16.000
Tabung sok : Rp 128.000
As sok : Rp 105.000
Minyak sok : Rp 20.000
Pipa suling : Rp 28.000
Sok belakang : Rp 185.000
Sok depan : Rp 260.000

Honda Spacy Helm-In
Sil sok : Rp 29.000
Per sok : Rp 16.000
Tabung sok : Rp 128.000
As sok : Rp 105.000
Minyak sok : Rp 20.000
Pipa suling : Rp 28.000
Sok belakang : Rp 185.000
Sok depan : Rp 260.000

Yamaha Mio Soul
Sil sok : Rp 15.000
Per sok : Rp 11.000
Tabung sok : Rp 122.000
As sok : Rp 88.000
Minyak sok : Rp 20.000
Pipa suling : Rp 50.000
Sok belakang : Rp 151.000
Sok depan (full set) : Rp 707.000

Yamaha Xeon
Sil sok : Rp 15.000
Per sok : Rp 13.000
Tabung sok : Rp 122.000
As sok : Rp 99.000
Minyak sok : Rp 20.000
Pipa suling : Rp 28.000
Sok belakang : Rp 176.000
Sok depan (full set) : Rp 800.000

Paket Kopling Manual New Jupiter-Z dan Blade, Praktis dan Responsif

Bikin akselarasi lebih responsif, anak muda pembesut bebek banyak ganti kopling sentrifugal jadi manual. Paling gampang lagi kalau rumah kopling pakai per spiral, bukan pegas diafragma (per model mangkuk). Sebab untuk mengubahya lebih mudah juga hanya sedikit part diganti.

Paling ribet kalau mau bikin kopling manual di motor Yamaha New Jupiter-Z dan Honda Blade. Kebetulan dua tunggangan ini komponen penerus dayanya menggunakan pegas diafragma. Sehingga untuk mengubahnya banyak yang adopsi part dari motor lain, selain harus bikin dudukan stut kopling di bak mesin.

“Misalkan New Jupiter-Z di balap. Selain bikin dudukan stut kopling, rumah kopling Honda Supra atau Grand jadi pengganti clutch outer comp alias rumah kopling New Jupiter-Z. Yang tetap dipakai gigi sekunder New Jupiter-Z aja,” beber Hawadis, mekanik tim balap Yamaha Yamalube KYT Tunggal Jaya ASH.

Rumah kopling Supra ke New Jupiter-Z pun masih perlu melakukan ubahan. Lubang tengah rumah kopling Supra diperbesar sesuai dengan as girboks New Jupiter-Z. Setelah itu dibubut 4-5mm pada permukaan clutch outer comp Supra untuk menyesuaikan 5 kampas kopling Yamaha Jupiter MX 135LC 2010.

Asumsi Hawadis, proses ubahan itu agak ribet dan butuh waktu lama. Belum lagi bila ditakar dengan tingkat kepresisian hasil ubahan. Dikhawatirkan posisi pasang stut di bak kopling dengan as pendorong kampas di rumah kopling tidak center. Dan efeknya, motor malah kadang jadi sulit pindah gigi.

Kalau enggak mau repot sekarang ini ada part paket kopling sentrifugal ke manual dengan mudah juga singkat. Maksudnya, untuk menerapkan paket komponen ini pemilik motor enggak harus pergi ke tukang bubut, apalagi kelamaan nunggu proses bikinnya.


Paket kopling manual buat Blade juga ada
“Pokoknya kalau pakai paket kopling manual ini, pemilik motor tinggal duduk manis dan enggak perlu tunggu waktu berhari-hari. Sebab proses aplikasinya dipastikan tidak rumit lantaran semua komponen memang sudah mendukung. Mulai dari ubahan pada bak juga di rumah kopling,” lanjut Hawadis yang jual paket ini seharga Rp 850 ribu.

Misalkan untuk New Jupiter-Z. Paket ini terdiri dari bak mesin ubahan stut kopling berikut peranti pendukung lainnya, yaitu as serta tuas pengait, tuas dan kabel kopling juga braket kabel yang nanti dipasang di bak mesin. Sedang part lainnya ada rumah kopling 6 per spiral, kampas dan pelat kopling. Juga tersedia paku keling untuk mengikat antara rumah kopling dan gigi skunder.

“Makanya yang dipakai cuma gigi sekunder asli New Jupiter-Z, karet bantalan di dalam gir sekunder dan rumah kopling. Selain itu, tinggal beli balancer sebagai pengganti rumah kopling sentrifugal aslinya,” imbuh mekanik bermarkas di Jl. Swatirta 28, RT 17/09, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Telepon (021) 4309388.

Pemilik Blade atau Revo pun tidak perlu dikhawatiran. Sebab Speed Shop MC Racing di Jl. Kebon Jeruk IX, Kota, Jakarta Barat itu juga menawarkan paket sejenis khusus untuk motor berlogo kepak sayap.


Awalnya banyak dipakai di motor balap Yamaha(kiri). Responsif lantaran pegas spiral berjumlah 6(kanan)
Isi paketnya sama. Ada bak mesin ubahan stut kopling berikut as serta tuas pengait, tuas dan kabel kopling juga braket kabel. Rumah kopling juga pakai 6 per spiral, kampas dan pelat kopling juga tersedia paku keling untuk mengikat antara rumah kopling dan gigi skunder.

“Mereknya SNS produksi Malaysia. Harga yang dipasarkan Rp 850 ribu untuk satu set. Paket ini terbilang murah, simpel dan singkat waktunya. Jadi, enggak perlu repot lagi kayak waktu ganti rumah kopling Honda Karisma,” ujar Michael, juragan MC Racing yang bisa dikontak di nomor (021) 62202361.

Pasang Puli CVT Laher, Penyesuaian Roller Aja

Puli rumah roller yang diluncurkan Kawahara Racing ada dua pilihan. Pertama, puli menggunakan roller yang dimensinya sama dengan standar Mio. Sedang pilihan kedua, puli yang rollernya besar atau big pulley.

Puli dengan dimensi roller standar Mio, cocok digunakan buat mesin standar hingga bore up yang tak terlalu besar. Sedang big pulley, cocok dipakai di pacuan bore up besar di atas 200 cc. “Tapi, tergantung kebutuhan mesin sih,” ujar Deny Mansur dari Clinic Motor di kawasan Halim, Jakarta Timur.

Usai membeli puli yang dilengkapi laher bambu di bagian lubang as itu, giliran pasang. Buka cover CVT Mio. Lepaskan ke-13 baut pengencang cover pakai kunci T 8. Ketika melepas baut, ingat-ingat tiap posisi baut.

Sebab dari 13 baut yang ada, 3 beda panjangnya. Baut terpanjang, untuk bagian tengah CVT. Sedang dua baut yang panjangnya di bawah itu, untuk bagian terujung depan-belakang CVT. Itu lho, yang dilengkapi bushing.

Cover CVT terbuka, lanjutkan melepas baut pengencang as puli pakai kunci sok 17. Tapi, agar puli tak ikut berputar, gunakan tracker. Setelah puli standar dan belt dicopot, sobat pasang deh puli Kawahara. Usai memasang puli dan belt, jangan lupa memberikan ring as puli sebelum memasang kipas puli. Sebab jika tidak, jarak puli dan kipas jadi dekat. Akibatnya, tarikan bawah jadi berat.

Oh ya! Tentukan berat roller yang ingin dipakai. “Pakai puli Kawahara ini, sebaiknya total roller sedikit diberatkan 3 gram,” saran Deny yang beken dipanggil Komeng itu.

Itu agar napas mesin tidak terlalu pendek. “Kalau motor standar pakai roller 10 gram, total keseluruhan jadi 60 gram. Baiknya dibikin jadi 63 gram dengan cara silang 3 roller. Pakai kombinasi 10 dan 11 gram,” saran tunner saran Komeng sapaannya.

Kini giliran memasang kipas puli. Ketika aplikasi puli pulley, ring matahari tak lagi dipakai karena kipas tak dilengkapi coakan ring. Langsung pasang ring dudukan baut dan baut 17 mm saja. Tapi jika sobat aplikasi puli yang roller standar, tetap pakai ring matahari itu ya. (motorplus-online.com)

Karburator Shogun SP Jadi Rebutan Di Balap Liar

Bagi penggila korek jalanan, karburator Suzuki Shogun SP punya daya tarik tersendiri. Setidaknya itu menurut Cheppy Sugiarto, mekanik tim Suzuki AHRS Cargloss, ada tiga kelebihannya.
Pertama, ada semacam pompa tambahan di bodi karbu. Berfungsi menambah suplai bahan bakar. “Kerjanya secara mekanis. Berfungsi setelah slongsong gas dipuntir abis. Kayak ada semacam dorongan tambahan,” bilang Cheppy mekanik yang bertubuh subur itu.

Adanya semprotan ini, bisa memberi tenaga tambahan di putaran atas. Tujuan aslinya, agar Shogun tetap irit di putaran bawah, namun bertenaga di rpm tinggi.

Kelebihan yang kedua, dinding venturi dan rumah skep karbu venturi standar 18 mm ini cukup tebal. Diameter dalamnya bisa direamer hingga ukuran luar biasa.

“Kalau reamer standar, bisa jadi 22 mm. Tapi, kalau mau ekstrem, bisa sampai 26 mm. Tapi, ada bagian dinding yang perlu ditambal lem besi,” kata Cheppy.

Jika venturi ingin diperbesar, tentu harus diikuti langkah perbesar diameter skep. Yang ini gampang buat para mekanik. Tinggal bawa ke tukang bubut, siapin deh selongsong skep yang lebih gede.

Kelebihan terakhir, menyangkut urusan dompet! “Harga resminya lumayan, bisa ditebus sekitar Rp 400.000-an. Tapi, kalau lagi untung, di pasaran bisa dapat separuh harga. Kalau, lo? (motorplus-online.com)

Korek Harian 4-Tak : Setting Karburator

Meski bisa pertahankan karbu standar bawaan pabrik, kohar alias korek harian 4-tak tetap perlu ubah setingan. “Kompresi sudah naik dan kem dikorek, karbu sebagai pemasok gas bakar harus disesuaikan,” jelas Teng Suang Hak, mekanik Ahak Motor, yang mangkal di Jl. Kapuk Raya, No. 55D, Jakarta Utara.

Pria akrab dipanggil Ahak itu, ajukan tips simpel nyeting main-jet dan pilot-jet. “Tidak pake patokan. Soalnya karakter masing-masing kohar beda. Kuncinya, rasakan saja dampak di mesin,” kata Ahak yang sibuk garap motor balap pesanan saat ditemui Em-Plus di bengkelnya.


Lakukan penyetelan gas dan angin secara maksimal. “Jika teriakan mesin pada setelan gas tertinggi kurang njerit, berarti main-jet memang kurang. Coba naikan 5 angka dulu,” kata lelaki berambut cepak ini.

Setelah itu, coba tarik gas. Jika pada gas tinggi tampak kayak ada kosong, alias ada jeda pada pasokan bensin. “Itu main-jet masih kurang. Bisa naikan satu step lagi, atau jadi 7 atau 7,5 angka. Biasanya, untuk kohar kenaikan itu sudah cukup tinggi,” ingatnya.

Sebaliknya, jika saat digas malah terasa mbrebet di putaran atas. Itu artinya, kenaikan main-jet yang dilakukan terlalu besar dan harus diturunin. Selain mbrebet, setelan main kegedean juga berdampak bensin boros. “Bensin terbuang dan nggak terbakar maksimal. Bisa dilihat di busi. Kalau cepat sekali hitam, berarti setelan kegedean pas,” ujar Ahak lagi.

Sementara untuk setelan pilot-jet, gejalanya juga dideteksi dengan beberapa hal. Gejala pertama, jika motor susah hidup setelah dilakukan korekan. “Atau setelah hidup, tapi pada putaran bawah tampak seperti ada kosongnya. Kayak bensin enggak jalan. Itu artinya pilot-jet perlu dinaikan,” katanya.

Cara menaikan juga bertahap. “Sama kayak kenaikan main-jet, coba dinaikan 5 angka dulu,” tambah mekanik yang sukses bikin Kanzen melejit di pentas pasar senggol Jakarta.

Ahak kasih ancer-ancer, kebiasan yang dilakukannya, setelan pilot-jet maupun main–jet untuk kohar, pas pada penambahan antara 5 sampai 7,5 angka. Tentu saja, tergantung karakter korekan dan jenis karburator. “Tapi dari pengalaman, setingan pilot dan main-jet koharenggak pernah sampai 10. Jenis karburator apapun, deh,” tutup Ahak

PAKET BORE UP MIO

Semakin maraknya pengguna matic di tanah air menjadikan semakin berkembangnya permintaan untuk menaikkan tenaga mesin menuntut kita untuk terus berinovasi. Oleh karena itu, kita menyediakan paket bore up motor matic, utamanya Yamaha untuk aplikasi street performance, touring, hingga spesifikasi khusus untuk balap. Seperti salah satunya adalah paket mega Bore Up dengan mengandalkan pemakaian piston HI-Speed 66 milimeter dari thailand, katub menggunakan mitsubitshi Lancer evo V, per katub japan product, dan noken as dikembangkan oleh kami. Atau ingin Premium Spec dengan menggunakan katub eksotis yang super ringan, mampu menjaga tingkat RPM agar mampu 20 % lebih tinggi namun tidak terjadi floating, dengan pegas katub swedia, kekenyalan yang pas untuk mengangkat lobe noken as lebih tinggi lagi.

Sebagai additional tenaga, dapat diaplikasikan karburator keihin pe28 milimeter sudah kondang di jagad drag racing, mudah dalam penyetelan. Kita menyediakan upgrade karburator yang telah di reamer untuk menghasilkan nafas motor lebih tinggi. Pun knalpot dengan desain menyesuaikan spesifikasi. Perangkat pengapian Fino dan koil yamaha R6 rasanya akan menjadi penutup sempurna menghasilkan ledakan dahsyat di dapur pacu.

SETING KARBURATOR BALAP

Sebelum melakukan final set up yaitu pada karburator, sebaiknya kita mengenal dulu siapa itu karburator apa bedanya sama generator halah… Carb adalah sebuah komponen pencampur udara v.s bahan-bakar dengan perbandingan kesesuaian tertentu dan mengkabutkannya ke dalam ruang bakar melewati intake manifold dan ruang porting terlebih dahulu. Cara kerjanya mengandalkan tekanan negatif atau kevakuman silinder saat melakukan langkah hisap. Ada dua jenis karburator, constant velocity yang mengandalkan skep dengan yang vakum dengan menkanisme membran, dua karburator ini memiliki keunggulan masing-masing. Yang pasti untuk balap butuh karburator yang dapat memberikan buka tutup secara konstan, bukan yang vacum, karena begitu mengadopsi camshaft racing dengan overlap besar otomatis tekanan negatif piston lebih tinggi karena langkah hisap dimulai jauh-jauh sebelum piston turun untuk langkah hisap. Karburator vakum akan bereaksi lambat terhadap perubahan ini.

Nah setelan karburator yang pas tentu sudah banyak yang tahu, kerja pilot jet adalah untuk mengatur idle hingga seperempat throtle open, pada putaran menengah yang bekerja adalah sedikit pengaruh pilot jet dan pengaruh clip position dan jarum skep v.s nozzle, pada 3/4 putaran gas yang bekerja hanya skep karburator dan perangkatnya, sedangkan full throtle murni tugas main jet.

Tujuan set up karburator sebenernya simple, mencari campuran molekul udara terhadap bahan bakar yang ideal guna membentuk senyawa yang mudah untuk dipantik busi dan memiliki potensi yang kuat untuk diledakkan. Perbandingan tertentu akan menghasilkan tenaga dan performa yang berbeda.

AFR 14 : 1 = adalah perbandingan ideal untuk pencampuran motor standard agar dapat bekerja normal.

AFR 13 : 1 = adalah perbandingan untuk performa, dengan sedikit basah namun keluran tenaga dapat optimal meski sisi ekonomis bahan bakar dikorbankan

AFR 15 : 1 = perbandingan kurus yang akan menghasilkan pemakaian bahan-bakar lebih ekonomis namun dengan resiko panas mesin berlebih cenderung menuju overheating

Oleh karena itu untuk sedikit membantu, berikut adalah tabel jetting karburator motor-motor yang ada di Indonesia, ukuran spuyer yang ingin dicari, tukar-menukar pilot jet-main jet untuk mencari setelan yang pas, oke deh tanpa banyak kata… selamat menikmati riset karburator kawan!

Cara Setting Karburator Motor

Tugas utama karburator adalah mencampur Bahan Bakar (BB) + Udara (O2). Kira-kira dengan perbandingan range nya BB : O2 adl 1 : 13-15. Pokoknya gmn caranya biar mesin dapet suplai campuran segitu.

Kenapa pake range, padahal teori di buku2 pembakaran ideal itu 1:14?

Jwbannya adl Karena kondisi mesin & linkungan mempengaruhi settingan campuran BB:O2.


Misal:

Kompresi makin tinggi BERARTI mesin makin panas BERARTI butuh suplai BB lebih banyak biar mesin gak jebol.
Humidity (kelembaban) lingkungan makin tinggi BERARTI campuran BB terkontaminasi air, BERARTI campuran makin miskin, BERARTI bensin hrs lebih banyak.
Suhu lingkungan rendah BERARTI suhu kerja mesin turun BERARTI bensin harus dikurangi agar suhu kerja mesin jadi ideal.
Knalpot bobokan (Free flow) BERARTI rpm makin tinggi BERARTI suhu mesin meningkat BERARTI butuh BB makin tinggi.
Dan masih banyak lagi parameter yg harus diperhatiin termasuk desain lubang masuk pada blok yg b’pengaruh dg settingan spuyer sebagai penyalur BB.
Itu teori dasarnya.

Setting Karbu:

Karbu pny 2 spuyer :

Satu buah main jet (tuk NSR std ukurannya 130) yg berperan meyalurkan BB saat bukaan gas sekitar setengah putaran keatas
Satu buah pilot jet (NSR std ukurannya 45) yg berperan menyalurkan BB dari putaran gas 0 derajat sampe penuh, cm efek dari pilot jet ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh N rpm mesin yg sudah tinggi.
Hal lain yg berpengaruh dengan setingan termasuk :

Ukuran Venturi karbu
Jarum skep
Stelan angin
Power jet.
Venturi karbu makin besar maka makin banyak udara yg lewat shg butuh spuyer lebih besar baik pilot atau main jetnya spy campuran bisa pas.

Trus kapan kita membesarkan ato mengecilkan spuyer2 tadi?

Sebelumnya hrs tahu dulu gejala2 mesin saat kekurangan BB dan kebanyakan BB:

1. “Ngempos” adalah gejala mesin spt kehilangan tenaga yg disebabkan kekurangan BB

2. “Mberebet” adl gejala mesin yg sebenernya dirasa padat cm tenaga seperti tertahan dan kadang dibarengi dengan suara benturan logam kalo settingannya terlalu basah.

Berarti kl NGEMPOS mesin butuh BB, kl BREBET mesin kebanyakan BB.

Kasus-Kasus

Nah berikut kasus2 yg sering terjadi krn masalah pilot jet :

Motor kl pagi susah hidup krn begitu gas dibuka ngempos terus mati ya berarti naekin pilot jet.
Motor dah jalan tapi sering tiba2 kehilangan tenaga saat putaran gas N putaran rendah berarti naekin pilot jet
Motor sering over heat saat jalan pelan berarti minta naek pilot jet
Motor brebet di putaran bawah tapi enak di put atas berarti pilot jet kebesaran.
Motor gak pake di cuk kl pagi N bisa langsung start
(ini jg gak normal) berarti pilot hrs turun.

Kesimpulannya, kl ada gejala ngempos,suhu tinggi diputaran yg relatif rendah maka minta naek pilot jet, N kl ada gejala brebet di put rendah jg maka pilot hrs turun.

Trus tuk kasus2 mainjet:

Mtr dibawa kebut2an sampe putaran atas trus begitu finish jalan pelan2 jadi ngempos dibarengi asep ngebul BERARTI suhu saat putaran tinggi meningkat drastis BERARTI main jet minta naik
Nafas motor di putaran atas terlalu panjang berarti mainjet minta naik.
Mtr ngelitik padahal yg lain normal BERARTI suhu mesin SANGAT TINGGI saat putaran atas BERARTI main jet minta naik.
Motor Brebet di put atas saja berarti main jet minta turun
dll
Kesimpulannya, jika mtr Brebet di put atas berarti main jet hrs turun, jika mtr suhunya tinggi di putaran atas berarti main jet minta naik.

Note:

Setiap ada perubahan ukuran spuyer wajib setting angin
Jangan berpatokan pada indikator suhu di dashboard tuk panduan setting krn pasti gak sesuai, ini butuh joki yg feelingnya dah kuat.
Adakalanya detonasi tdk bisa diobati dengan naekin spuyer jika detonasinya sudah parah. Ini berarti ada ketidaknormalan pada komponen mesin lainnya.

Monday, November 21, 2011

Cara Setting Karburator

SETTING KARBURATOR
GRAPHIC EFFECT SPUYER TERHADAP KINERJA KARBURATOR
korek motor Beberapa orang kadang berpikir menyetel karburator adalah pekerjaan yang sangat gampang. Ganti jet-nya setingkat atau dua tingkat, meniru setelan karburator orang lain yang sudah ketemu dan BOMM!! Mesin motor melaju kencang. Hmmm… mungkin iya pada mesin standard ataupun mengalami modifikasi ringan. Tapi untuk balap, tidak terdengar semudah itu. Ada banyak kombinasi dari setingan idle jet, needle jet, posisi clip, main jet, power jet, level bahan-bakar (set up pelampung), dan lain-lain dan sebagainya. Ada setidaknya menurut perhitungan statistika, sekitar 13,860,000 kombinasi jeting dalam sebuah karburator hehehehe… jika mau bermain karburator setidaknya siapkan mental, waktu dan tenaga untuk menyelaraskan semua kinerjanya. Disini kami ingin membantu dengan sedikit pengetahuan dasar dan penyetelan karburator untuk mempermudah teman-teman dalam menemukan fine tuning, bisa diaplikasi untuk menyetel ulang karburator yang udah pada modif mesin.

KARBURATOR VENTURI
Perhatikanlah muka karburator, dan kamu akan menyadari karburator hanyalah sebuah lubang besar dari satu tempat ke tempat lain, ini dinamakan venturi. Udara masuk ke dalam mesin melalui lubang ini (venturi). Sebagaimana kecepatan udara memasuki karburator meningkat, tekanannya justru menurun, yang kemudian menimbulkan kevakuman di area venturi. Kevakuman ini bergerak seiring bukaan skep (throttle), dan menghisap bahan-bakar melalui jet yang berbeda-beda di sistem karburator. Udara dengan bahan-bakar akan bercampur di area venturi. Dimana posisi jet ditempatkan dan pengeluarannya pada venturi menghasilkan kontrol terhadap respon bukaan gas. Sistem langsam ( pilot jet, dan setelan skrup udara) mengontrol hingga bukaan skep 25 %. Jarum skep, posisi clip dan nozzle karburator mengontrol dari 15 % bukaan gas hingga 80 %. Main jet mengontrol bukaan gas penuh atau berefek mulai dari bukaan gas diatas 60 %. Namun ada hal yang harus diingat dalam menyetel karburator, kesemua bagian adalah interconnected (terhubung satu dengan lain) sehingga penggantian sebuah part akan mempengaruhi kinerja sistem lainnya. Bekerja hati-hati, dan teliti adalah kuncinya.

CARB TUNING
SET UP KARBURATOR
1. Untuk bukaan gas dari kondisi tertutup hingga seperempat bukaan skep
1. Ganti pilot jet / idle jet untuk mengatur campuran
2. Setel ulang skrup udara untuk penyempurnaan aturan ( 1 ½ hingga 2 putaran keluar dari posisi menutup penuh)
2. Dari posisi seperempat bukaan hingga sepertiga bukaan gas
1. Setel posisi klip jarum skep
2. Ganti tipe jarum skep
3. Dari posisi sepertiga bukaan gas hingga bukaan penuh
1. Ganti ukuran main jet untuk menyetel campuran udara bahan-bakar
2. Ganti ukuran power jet (jika ada) untuk menyempurnakan campuran udara-bahan bakar
4. Bukaan gas separuh hingga bukaan gas penuh
1. Lakukan penyetelan campuran udara/bahan-bakar dengan penggantian mainjet, jarum skep, atau seting posisi klip jarum skep
2. Lakukan pengecekan (baca) hasil pembakaran untuk melihat apakah setelan sudah tepat atau belum

MIKUNI 36mm
CATATAN SET UP:
1. Dasar penyetelan skrup campuran udara di karburator adalah putar hingga menutup penuh, lalu buka satu setengah putaran keluar. Jika mesin masih berjalan dalam kondisi terlalu basah atau kering coba sedikit setel ulang skrup campuran udara lebih membuka atau menutup. Jika hal ini tidak dapat terkoreksi dengan beberapa putaran, maka gantilah pilot jet nya.
2. Jika setelan terlalu basah antara bukaan gas posisi tertutup hingga terbuka separuh, dan tidak dapat dikoreksi dengan penyetelan skrup udara, maka ganti pilot jet ke ukuran lebih kecil.
3. Menjalankan mesin dalam kondisi terlalu basah (campuran kaya) akan menjadikan mesinmu tidak berlari pada kemampuan terbaiknya, menjalankan mesin dalam kondisi terlalu kering lebih berbahaya dan akan merusak komponen mesin seperti piston, liner dan kepala silinder. Sebaiknya ketika melakukan penyetelan karburator, lakukan dari kondisi campuran kaya dan lakukan setelan lebih rendah secara bertahap untuk menemukan setelan pas.
4. Lihat dan baca kondisi busi untuk mempelajari campuran yang dibutuhkan mesin.
• Jika elektroda berwarna hitam, atau basah jelaga; kondisi mesin terlalu banyak bahan-bakar (campuran kaya). Bahan-bakar yang tak terbakar menyebabkan kerak mengendap di busi.
• Busi kondisi kering dan berwarna keabu-abuan, atau bahkan putih kapur. Mesin berjalan dalam setelan yang terlalu kering, dan berbahaya bagi kondisi mesin. Pakai jet yang lebih besar untuk mendapatkan setelan yang lebih kaya.
• Warna elektroda kecoklatan dan bersih, maka kamu sudah menemukan setelan terbaik yang dibutuhkan mesin.
Ketika melakukan penggantian main jet lebih besar akan mempengaruhi performa mesin mulai dari bukaan gas separuh hingga gas penuh (full throtle). Selalu lakukan penggantian satu-demi satu dan secara bertahap dan cermati perubahan yang terjadi pada performa mesin sebelum merubah faktor lainnya.
Jangan menjalankan mesin dalam kondisi campuran kering (miskin) dalam kondisi terlalu lama yang dapat mengakibatkan overheating (panas yang berlebihan) dan merusak komponen di dalam mesin.

Penyelesaian beberapa persoalan seting karburator.
Permasalahan : Saat stasioner RPM tidak stabil. Mesin berlari tersendat.
Kondisi setelan : Campuran terlalu miskin
Metoda koreksi :
• Putar setelan skrup udara searah jarum jam (menutup) untuk memperkaya campuran.
• Ganti ukuran pilot jet ke angka yang lebih besar
• Ganti jarum skep ke diameter lebih kecil atau bentuk lebih runcing untuk memperkaya campuran bahan-bakar.
Permasalahan : Saat stasioner keluar asap hitam dari knalpot.
Kondisi setelan : Terlalu basah
Metoda koreksi :
• Putar keluar skrup setelan udara untuk memperbanyak campuran udara masuk
• Ganti pilot jet ke nomor lebih kecil
• Ganti jarum skep dengan model yang lebih gemuk
Permasalahan : Ketika motor dijalankan akselerasi lemah
Kondisi setelan : Kering
Metoda koreksi : Ganti dengan ukuran mainjet lebih besar
Permasalahan : Ketika berakselari motor tersendat-sendat
Kondisi setelan : Basah
Metoda koreksi : Kecilkan ukuran mainjet
Permasalahan : Pada posisi seperempat bukaan gas mesin ngambang dan RPM tidak dapat teriak.
Kondisi setelan : Kering
Metoda koreksi :
• Pakai dimensi jarum skep lebih kurus untuk memperkaya campuran bahan-bakar
• Putar skrep setelan udara searah jarum jam untuk memperkaya campuran
Permasalahan : Gas bukaan penuh, Kecepatan bertambah sangat pelan, mesin terasa datar, dan busi tampak basah kehitaman
Kondisi setelan : Terlalu Kaya
Metoda Koreksi :
• Setel campuran dengan menggunakan main jet lebih kecil, terus check kondisi kepala busi hingga warna terkoreksi
Thu, 18 Nov 2010 @11:25Tags: cara setting karburator racing korek mesin korek motor cdi rextor balap harian drag roadrace jupiter yamaha korek mesin motor

Jenis Knalpot Balap

Knalpot Racing

Berikut ini sebagian data knalpot racing yang banyak di pakai mekanik untuk sepeda motor olahan mereka.sebagian adalah produk local dan sebagian lagi produk luar negeri. Setiap knalpot racing punya kelebihan dan kekurangannya sendiri, dan banyak mekanikpun fanatic dengan suatu merk knalpot racing tersebut. Untuk lebih jelasnya ku coba berikan refernsi kenalpot-kenalpot yang banyak di pakai di arena balap:

1. AHRS

Knalpot buatan Asep Hendro ini lumayan banyak di pakai untuk ajang roadrace,tapi jarang dipakai drag atau balap liar,Jakarta merupakan sentral dari poduksi dan pemasaran knalpot ini. AHRS lebih banyak dipakai juga untuk knalpot style / variasi harian para modifikator tanah air.Kisaran harga knalpot bebek racing 150-200rb
2. HRP
Knalpot produk Hendriansyah Racing Produk asal jogja ini lumayan laris manis di pasaran,seperti kompetitornya AHRS yang terjun di kelas harian dan modifikasi,HRP lebih jarang di pakai buat ajang balap profesiona. Kisaran harga knalpot bebek racing 150-200rb.Kenalpot ninjaR 160rb
3. MCC
Knalpot bikinan Bengkel balap Merit ini cukup larip di pasaran Solo dan sekitarnya,namanya sampai ke banyak mekanik di Jakarta .Mereka special order ke Solo dan banyak juga yang sudah buka gerai knalpot MCC di bagian sudut kecil bengkel-bengkel mereka di Jakarta.MCC banyak dipakai di arena balap road race apalagi balap jalan lurus(drag).Harga knalpot MCC relative terjangkau dan sama dengan harga kompetitornya. Kisaran harga knalpot bebek racing 150-200rb.Kenalpot ninjaR 250-300rb.

4 . AHAU

Knalpot asal Jakarta ini lumayan termasuk laris dipasaran,baik di kelas harian dan balap.Knalpot bergambar ular dengan tulisan AHAU banyak menerima pesanan ke luar Jawa,baik Sumatera,Kalimantan,Sulawesi,dan Papua.Peningkatan power memang dirasa dengan kenalpot ini. Kisaran harga knalpot bebek racing 150-200rb

5 . Creampie (Creampie muffer jogja)

Knalpot butan Tri Wahyudi alias beken dengan nama NTO-NtO ini sangat tenar di Jogjakarta dan kabupaten sekitarnya.Knalpot yang produksinya di jln Wonosari KM 10 Jogja ini memang cukup mumpuni untuk mesin drag /balap lurus.Dimana mereka juga focus di balap drag di tiap even di sekitar Jogjakarta.Berpatokan A Graham Bell dalam buku ‘FOUR STROKE PERFORMANCE TUNING’ untuk membuat knalpot kata punggawa Creampie itu. Kisaran harga knalpot bebek racing 150-200rb.Kenalpot ninjaR 250-300rb.

6 . R9

R9 adalah knalpot generasi baru.Knalpot yang buat racing tapi dengan desain dan tampilan yang stylist.Percampuran crom dengan efek hijau pada besi silencer.R9 juga banyak di pakai di motor balap dan motor stylist.Ini karena bentuk mereka yang menarik.Harga termasuk lebih mahal disbanding kompetitornya.

7 . AHM

Knalpot asal Malaysia yang satu ini memang tidak ada habisnya para mekanik memesan.Nama besarnya cukup dikenal olah para mekanik dan pembalap.banyak dipakai di jalur lurus /drag bike dan sebagian di road race.dan buat style juga oke karena gengsi dengan merk knalpot ternama.Harga knalpot ini lumayan tinggi.Knalpot ini banyak di pakai di race 2Tak,apalagi drag.

8 . DBS

Knalpot Thailand ini memang sedang naik daun,banjirnya produk-produk racing Thailand mengikutkan DBS sebagai knalpot yang diminati oleh para pembalap dan mekanik tanah air.Sekilas bentuk hampir mirip dengan AHM Malaysia kalau tidak teliti liat plat merk bisa-bisa salah comot kenalpot.harga hampir sama dengan AHM.Banyak knalpot ninja 150R dipakai untuk drag race.

9 . CMS

Knalpot CMS buatan Champion Motor Sport lumayan banyak beredar di jalanan dan juga diajang balap.Nama besar bengkel CMS telah membawa kepercayaan pada para pembalap dan mekanik untuk memakai produk knalpot mereka.Knalpot asal Jakarta ini memang lumayan mengangkat power motor balap,riset yang terus menerus membuat knalpot CMS dapat berdiri sejajar dengan pemain lama.

10 . SND

Knalpot yang sempat buming di tanah air asal pabrikan Thailand,namun dalam perkembangan mulai redup dalam pasar balap,ini dapat dilihat dari berkurangnya pemakai knalpot SND dr tahun ke tahun,lebih sedikit di banding kompetitornya.Di tambah banyak beredar knalpot SND palsu dari pada yang asli.Harga knalpot SND racing bebek berkisar 350 rb.

11 . Abenk

Knalpot buatan agus yang biasa di panggila abenk oleh teman-temannya,sempat menjamur di jogja dan sekitarnya,namun seiring perkembangan Knalpot abenk mulai tersingkir oleh knalpot satu derahnya yaitu Creampie.harga knalpot racing bebek sekitar 150-200rb.ninjaR 250-300rb.



12 . SMR

Knalpot juga yang masih pasang surut dalam perkembangannya.

13. GRM

Hasil karya legenda mekanik balap dari tanah air Sri ‘Gandhoel’ Hartanto.Yang telah melahirkan banyak mekanik papan atas jogja.Di jamannya ia adalah guru bagi para mekanik,Ilmunya banyak menyebar kesegala penjuru daerah seiring banyaknya mekanik yang bertransisi,Seiring pensiunnya dia di dunia balap khususnya pembuatan knalpot racing masih di teruskan oleh para murid-muridnya yang masih menggunakan patokan-patokannya,Alamat bengkel knalpot yang berada di sebelah barat tugu jogja.Harga knalpot racing bebek 350 rb dan ninja R 150 500 rb,harga memang lebih mahal,tapi kwalitas,,,,,,AJIP……..

14 . Yoshimura

Knalpot Thailand yang harga selangit ini mulai di gandrungi biker tanah air,khususnya untuk Kawasaki ninja 250.Jarang di pakai pada balap nasional.

15 . Two Brother

Knalpot harga selangit

CDI REXTOR

Programmable CDI, CDI Rextor is the first in Indonesia that can be

programmed directly through the computer. CDI provides flexibility for

the user to determine the degree of ignition until the required engine
performance is optimized. By having the ability to save as many as 14
Map (ignition curve) in the CDI and coupled with the ignition curve setting features of each tooth position (Multi-Map), making it more
powerful CDI for racing applications (Racing). Rextor Programmable CDI
CDI is a type of DC Motorola microprocessor using speed 24 megahertz to guarantee the accuracy of ignition (0.01%) to produce great
acceleration and increased engine power.
Package Purchase

1. Programmable CDI Rextor 1
2. Software CD 1
3. Instruction Manual 1
4. Konneksi Pin 1 Gear Position Sensor

Features Programmable CDI

1. Having the ability to save 14 ignition curve.
2. Options for using an ignition curve (single file) or a curve Ignition (Multi map).
3. Store (save) or take (load) discharge curve of the computer (PC).
4. Ignition curve graph to facilitate penyettingan ignition curve.
5. Ignition Penyettingan degrees every 500 rpm increase up to 19.500rpm.


Specifications Programmable CDI

1. Working voltage battery (batteries / battery): Minimum = 10 Volts
Optimum = 12.2 to 15 Volts
Maximum = 22 Volts
2. Work Flow: 1200 to 8000 rpm = 0.1 to 0.3 Amp 8000 RPM to top = 0.3 to 0.4 Amp
3. Round Engine : Minimum 350 rpm - 19,500 rpm limiter
4. Memory Capacity : 96 Kb

KISARAN HARGA CDI REXTOR


DAFTAR HARGA CDI REXTOR


1. CDI REXTOR ADJUSTABLE RP. 500,000,-


2. CDI REXTOR EXTREME RP. 1,300,000,-


3. CDI REXTOR PROGRAMMABLE RP. 1,500,000,-


4. CDI REXTOR MONSTER RP. 2,800,000,-


5. CDI REXTOR PRO DRAG RP. 3,700,000,-
Sun, 3 Oct 2010 @12:17Tags: knalpot racing knalpot knalpot balap noken as kopling drag balap motor balap korek motor korek mesin motor head klep karburator korek mesin korek jupiter jupiter road race balap liar sudut klep piston jenong kopling cdi coil magnet 2 tak 4 tak ninja vega

Korek Motor Harian Buat Pemula

korek mesin motor ,Ada tiga jurus bikin motor jadi kencang,salah satunya lo bisa liat besutan pabrikan garputala jupiterZ tahun 2006.
besutan jupiter semuanya masih bawaan pabrik tidak ada yang gw ganti.
sebelum dijelasin tiga jurus bikin motor jadi kencang,pertama-tama kita harus tau mau di bawa kemana arah spek balapnya.
lo mau bikin standar tapi kencang yang biasa kita sebut kohar (korekan harian) apa lo mau yang lebih dari itu,semua itu ada jawabannya tergantung kalian dan modal kalian.

JURUS PERTAMA (CARBURATOR )

Kita bermain simpel,artinya kita usahakan bermain yang tidak mengeluarkan biaya banyak contohnya kita bermain di CARBURATOR.
biasanya motor bawaan pabrik respon awal sangat galak tapi untuk melaju kencang sangat sulit,itu dikarnakan sepuyer yang dipakai berukuran kecil sehingga pasokan bensin kurus(kurang) motor jadi gesit di putaran bawah tapi top speednya loyo.
semua itu bisa diatasi dengan mengganti sepuyer pada karburator dengan ukuran yang lebih besar dari standarnya,tapi jangan asal ganti,karna dapat mengakibatkan motor jadi berebet.

JURUS KEDUA (PENGAPIAN )

Di dalam motor standar,pengapian sudah di tentukan atau sudah di batasi dari pabrik atau sering kita sebut pengapian LIMITER.
Dan itu bisa diatsi dengan mengganti CDI standar dengan CDI racing,bagi yang tidak mau mengganti CDI bisa di akali dengan menggeser pengapian.
Cara menggeser pengapian itu juga sangat mudah,kita tinggal melepas bagian magnet dan menggeser pulser dengan cara mencoak lubang kedudukan pulser,tapi jangan sembarangan menggeser karna dapat berakibat motor susah hidup.

JURUS KE TIGA (CAMSAFT )

Camsaft atau sering kita sebut NOKEN AS sangat berperan penting dalam mesin berbasis 4TAK sedangkan untuk mesin berbasis 2TAK di tentukan oleh porting,untuk yang satu ini saya tidak bisa mengulas lebih dalam dikarnakan saya takut kalian belum mengerti derajat untuk merubah camsaft untuk mesin 4TAK dan juga berapa milimeter untuk mengangkat porting untuk mesin 2TAK semua itu harus dengan pembelajaran yang serius dan sungguh-sungguh.




JURUS PERTAMA :


Gambar diatas saya beri nomor urut 1 sampai 3 sebenarnya pada gambar 1sampai 3 semua itu gambar karburator bukan ukuran standar bawaan motor, yang bikin motor kita jadi kenceng bisa maenin karburator aja dengan cara mengganti sepuyernya dengan ukuran yang lebih besar ,tapi ku saranin buat motor yang benar-benar standar kita naikin spuyer jangan terlalu besar minimal kita naikin 5 sampai maksimal 10,tapi kalo kita mau rombak yang agak ekstrim lo bisa lemer karbu,biasanya ada batasan buat ngelemer karbu kita,ku saranin remer 1,5 sampai 2mm,itu juga ga bisa kita kerjain sendiri kita musti singgah ke tukang bubut.
Jadi gak bisa sembarangan and kita anggap enteng karna kalo lemer karbu resikonya sangat besar,karbu kita gak bisa di balikin jadi standar lagi dan kalo salah sedikit aja pada lemeran kita itu berakibat motor kita susah di seting dalam arti kata jadi ngawur tu setingan,jadi gw saranin buat pemula kita cukup main sepuyer aja karna gak beresiko tinggi dan bisa di balikin jadi standar lagi.palagi buat harian,,,ya gak?????


JURUS KEDUA :


Di atas lo bisa liat, itu yang di namain CDI atau banyak orang awam bilang perangkat pengapian tapi sekali lagi gw minta maaf sama kalian karena semua contoh gambar tersebut ku ambil dari INTERNET semua,karna gw gak punya kamera digital maklum orang susah.
Buat yang satu ini ku gak bisa ngasih penjelasan yang kongkrit karna dalam pembelajaran ku CDI atau perangkat pengapian ini sudah di buat permanen,kita semua gak bisa ngerubah apa lagi kutak kutik tu CDI bisa gak idup motor kita alias MAMPUS,tapi semua itu ada jalan keluarnya ,kita liatkan gambar diatas ada 2 CDI,yang gak ada logonya itu CDI standar pabrik and yang satunya CDI racing,setiap motor standar biasanya perangkat CDInya menggunakan CDI yang LIMITER sehingga kita tidak bisa geber motor hingga maksimal karna sudah dipatok hanya bisa digeber misalkan Cuma 10000rpm gak bisa lebih ,sedangkan CDI racing pada gambar yang ada disamping gambar CDI standar tersebut menganut sistim CDI unlimiter artinya rpm yang di hasilkan gak dipatok bahkan bisa melampaui rpm standarnya.
Oleh karna itu ku saranin ma kalian jangan main-main sama perangkat yang satu ini,mending langsung lo ganti aja CDI yang standar ama yang RACING kalo kalian mau ngedapetin rpm yang maksimal,kan udah banyak perangkat CDI yang di jual di TOKO AKSESORIES,






Yang ketiga ini adalah NOKEN AS atau bahasa mekaniknya CAMPSAFT ,NOKEN AS ini berfungsi untuk mengatur keluar masuknya pasokan bahan bakar yang akan diproses sampai menghasilkan tenaga pada mesin motor kalian,dalam dunia balap motor ini adalah perangkat sakti buat para tuning mesin ,karna perangkat ini sangat-sangat sensitive jika salah korek sedikit aja motor langsung ogah lari alias lemot,para mekanik punya jurus masing-masing dalam memodifikasi NOKEN AS.
Tapi ku punya bocoran sedikit buat kalian bro yang suka bikin kencang motor apalagi bagi para jago balap liar,moga-moga bocoran ku ini bisa lo terapin ama tunggangan kalian,sebelum kalian korek NOKEN AS,kalian harus paham dulu apa aja yang harus kalian perhatiin.
Pertama –tama kalian ukur camp standarnya baik yang IN maupun yang EX dengan alat ukur yang namanya SIKMAT,trus kalian catat LIFT nya berapa trus LSA nya juga,kalau untuk motor standar korek kita tidak perlu EXTRIM untuk memangkas campnya,cukup mengambil 0,5mm dari ukuran standar motor udah sangar,tapi dalam hal ini kalain bro jangan salah tanggap jangan kalian pikir kalo kalian udah pangkas CAMP nya motor lo langsung ngacir,kalian harus (KUDU)ngukur KOMPRESI motor kalian karna CAMP yang dah kalian ubah tadi membutuhkan pasokan bahan bakar yang gak sedikit lagi,jadi OTOMATIS KOMPRESI MOTOR harus diukur ulang untuk mendapatkan POWER yang MAKSIMAL.
Setelah diubah ukur KOMPRESI menggunakan Alat ukur KOMPRESI yang dinamakan (BURED ),karna dengan mengukur KOMPRESI ulang kita dapat mengetahui perbandingan KOMPRESI standar dengan setelah kita rubah,karna kelebihan KOMPRESI juga gak bagus,mengakibatkan motor galak di bawah atasnya mandek juga bisa mengakibatkan kemacetan pada SEHER (PISTON ),sebelum mencoba trik di atas alangkah baiknya kalian mempelajari dahulu cara-cara tuning CAMP agar tidak menjadi penyesalan dikemudian hari,semoga tips yang singkat dari saya ini bermanfaat.semua cara seting noken as(camshaft) sudah ada di korekmesin.com di halaman lain,kalian buka2 lagi aja caranya.

Noken As / kem Racing Pabrikan

korek motor,Banyak mekanik hanya beli langsung Noken As yang sudah racing dari pabrikan,ini biasanya karena malas riset, kurang ilmu Noken As, takut gagal, dan ngirit biaya.Banyak merk Noken As racing / kem racing beredar di masyarakat.Banyak pilihan berbeda,bahkan satu merk juga menawarkan pilhan-pilihan berbeda-beda pula.

Karena itu kami coba memberikan keterangan-keterangan yang bisa membuat anda mengerti tentang pilihan dalam memilih Noken As / Kem yang sesuai dengan karakter motor anda.

Contoh-contoh Noken As racing Pabrikan :



KAWAHARA

Ada tiga tipe : tipe K1

: tipe K2

: tipe K3

Untuk K1 dan K2 biasa dipakai racing harian,lift, overlap dan LSA tidak terlalu ekstrim.Sedang untuk K3 untuk racing Ekstrim.

DATA KAWAHARA K1

Klep in(durasi) :16+180+47 = 237 derajat

Klep ex(rurasi) : 53+180+13 = 239 derajat

Lif in : 8 mm

Lift ex : 8 mm

LSA : 98 derajat

Harga : 350 ribu

DATA KAWAHARA K2

Klep in(durasi) : 11+180+57 = 248 derajat

Klep ex(rurasi) : 41+180+31 = 252 derajat

Lif in : 8,75 mm

Lift ex : 8,56 mm

LSA : 103 derajat

Harga : 400 ribu

DATA KAWAHARA RACING ONLY

Klep in(durasi) :28+180+ 60 = 268 derajat

Klep ex(rurasi) : 60+180+31 = 252 derajat

Lif in : 10,33 mm

Lift ex : 8,89 mm

LSA : 113 derajat

Harga : 600 ribu



TDR

Noken As / Kem TDR racing memang pantas untuk harian dan Racing, Durasi dan LSA sangat aman dalap overlap sehingga tidak saling bentur antar klep.Bahkan untuk klep lebar sekalipun.

DATA Noken As / Kem TDR

Klep in(durasi) :13+180+45 = 238 derajat

Klep ex(rurasi) : 41+180+22 = 243 derajat

Lif in : 8,4 mm

Lift ex : 7,93 mm

LSA : 94,5 derajat

Harga : - ribu



MARATHON

Noken As / Kem keluaran Mitra2000 sangat laku dipasaran.

DATA Noken As / Kem New Marathon

Klep in(durasi) :16+180+50 = 246 derajat

Klep ex(rurasi) : 41+180+9 = 230 derajat

Lif in : 7,78 mm

Lift ex : 7,53 mm

LSA : 112,5 derajat

Harga : 250 ribu



NEW CLD

Hampir mirip marathon, bahkan lebih bagus mendongkrak power dari pada marathon. CLD singkatan dari ciledud atau Champion leader development. Kem atau Noken as ini lebih keras atau setara dengan Noken As standart pabrikan.

Klep in(durasi) :17+180+48 = 245 derajat

Klep ex(rurasi) : 49+180+13 = 242 derajat

Lif in : 7,82 mm

Lift ex : 7,82 mm

LSA : 105 derajat

Harga : 400 ribu



HRP

HRP(Hendriyansyah Racing Produk) buatan pentolan pembalap nasional Hendriyansyah. Durasi kem ini mirip kem CLD, yang mempunyai karakter halus untuk di pakai harian. Enak untuk trek pendek

Klep in(durasi) :18+180+43 = 238 derajat

Klep ex(rurasi) : 49+180+13 = 252 derajat

Lif in : 7,35 mm

Lift ex : 7,33 mm

LSA : 102 derajat

Harga : 300 ribu

KOREK MESIN TIGER SEMI RACE

Dan ketika hal itu terwujud ada rejeki datang dari pulau Kalimantan, seorang sahabat melayangkan sebongkah engine untuk di utek-utek oleh mekanik-mekanik desa R.A.T yang datang kali ini bukan hanya mesin motor bebek yamaha, honda, seperti biasa, tapi mesin MACAN, yeah… it’s my favorite engine GL 200. Apalagi kali ini ordernya tidak hanya upgrade performa biasa, sudah cenderung semi-race nih, 70 % yang penting kencang, 30 % buat jalan harian mungkin sabtu aja keluar malam Modif seperti ini bahasa populer di majalah-nya : KOHAR, alias Korek Oke Harian Ala R.A.T, wahaha… tak karang dewe iki…

Order kali ini lumayan manteb, pertama sang empu minta order 300 cc buat tigernya, bukannya tidak sanggup mengembangkan mesin mendekati kapasitas itu, namun dengan pengertian yang saya berikan bahwa untuk mengejar kapasitas segitu dengan basic engine GL 200 modifikasi akan sangat riskan, apalagi terbukti di arena balap ga ada tuh kelas 300 cc, adanya kelas SPORT 200 cc dan kelas Para Raja Free For All (FFA) maksimum 250 cc. Jadi kenapa tidak meraskan sedikit adrenalin dari tunggan para RAJA di Arena Balap pada motor harian bos…? Akhirnya MR.E setuju, dan kita kirim proposal modifikasinya, teken kontrak, duit di transper lewat wesel hahaha… ya gak lewat wesel kali, segitu amat, transfer ATM wae lah cepet.

Cylinder head Racing Tiger Big Valve
Senang rasanya, karena mesin tiger adalah mesin favorit saya, dengan sepenuh hati, cinta kasih (Lebay.com) maka saya berencana membenamkan piston 71mm ke dalam cylinder block Honda macan ini, kemudian rubah derajat klep dengan konfigurasi klep lebih besar, dimensi 33mm untuk inlet dan klep ukuran 28mm untuk outlet, dengan diameter batang klep tetep 5.5mm. Khusus untuk klep ini, kita buat special order custom, yang pasti nih klep buatan R.A.T udah lulus TK gitu… hehehe, mungkin sudah setingkat S1, habis nyari klep TK mentok ukuran +1mm, itupun harganya tanya di speed shop racing nembus setengah juta, ga masuk kriteria MurMerCeng (Murah Meriah Kencang ) itu baru prinsip R.A.T, modifikasi tidak hanya sekedar kencang, tetapi harus murah meriah, halah…

Semua barang di order hanya demi memuaskan hasrat Mr. E di Kalimantan nantinya, diantaranya : Reduksi Sekunder custom dengan rasio perbandingan 3,330, diharapkan semoga nanti waktu engine nyala dan dicoba bisa gampang ngangkat-ngangkat hahahahhaha… :p Kampas kopling 6 lapis dari standardnya yang cuma 4.5 lapis hehehehe -kan ada judder springnya- Dengan jumlah pir kopling 6 biji, atos-atos deh koplingane


Karburator mantap untuk Tiger
Inlet port rencana kita buat “downdraught” agar bisa meloloskan ekstra pasokan campuran udara-bahan bakar ke silinder lebih banyak, dan diameter kita buat lebih besar di bagian dalam lain daripada biasanya, secara suplai gas segar akan dipasok karburator KOSO 34mm yang dilengkapi POWER JET untuk membantu putaran atas. Mesin pun dikirim ke manufacturing proses di tukang bubut untuk menyesuaikan dengan hitungan kita.

Capasitor Discharge Ignition untuk Tiger kencang bisa pakai BRT Hyperband untuk sistem Alternative Current, tapi jika ingin lebih garang ya pakai CDI Rextor dong, supaya kami yang ndeso ini bisa belajar memprogram map pengapian. Hmmm… mau dibuat kepasar, map nya lain, mau dipakai freestyle, map nya lain, mau dibuat ngejar Ninja 250, ganti map extreem… hehehe… seru kan!


Maping CDI Rextor Tiger
Inilah awal kedatangan mesin itu… semoga setelah lulus dari R.A.T engkau menjadi mesin yang kencang…

Amin.

Tetap Sehat – Tetap Semangat – Biar Bisa Modifikasi Mesin Tiap Hari

R.A.T motorsport .: HOUSE OF PERFORMANCE :.

Visit our Garage @ Raya Bypass Juanda No. 1 , SIDOARJO

Contact us : 085645577007

KARBURATOR RACING MURAH MERIAH

KOSO CARB 34MM, FLAT SLIDE, POWERJET
diameter belakang =39mm,
diameter air filter =54mm,
MANTAB!!!
KOSO race carburetor dibangungun berdasarkan spesifikasi karburator KEIHIN, dapat dilihar dari ukurannya yang sedikit lebih kecil, lapison chromium pada skep karburator, dan Terowong udara di moncong karbu dibentuk melalui Computerized system milling. Disamping sangat mudah untuk disetel dan dinikmati hasilnya, harganya tidak terkalahkan murahnya dibandingkan Karburator Racing lain yang dipajang di etalase SpeedShop manapun :p

Sebuat pilihan alternatif menarik bagi penggemar MIKUNI untuk mencoba bermain di motor hariannya. Skep karburator bentuk huruf D, Rata di depan dan melengkung dibaliknya,

Karbu murah-meriah untuk mesin KOHAR : Korek Oke Harian Ala R.A.T , cocok lah untuk mengatasi rasio kompresi yang sudah melonjak dan camshaft + Porting yang sudah semi-race, call us for Koso Carb tuned by R.A.T

MEMILIH KARBURATOR RACING

Bagaimana memilih karburator yang sesuai dengan kebutuhan mesin yang sudah kita bangun dan balap yang akan kita ikuti? Dengan banyaknya karburator aftermarket beserta kemasan-kemasan menggiurkan tentu membuat kita kesengsem dan takutnya menjadi gila belanja barang seperti tante-tante tanpa melihat kebutuhan. Asal karbu GEDE pasti kenceng! Keliru = Brebet mungkin iya hehehehe… Walaupun karburator kecil asal kita dapat menemukan setelan yang pas akan jauh lebih baik.
Hanya sedikit berbagi ilmu tentang formula menentukan ukuran karburator ideal dengan kapasitas silinder mesin serta rpm max power yang diinginkan. Buka aplikasi calculator di komputer kalian dan siap menghitung.
THROTLE = VARIAN x SQRT ( DISPLACEMENT * PEAK )
Dimana THROTLE adalah nilai besaran venturi karburator yang kita butuhkan, merupakan diameter lubang dalam karburator dengan satuan millimeter. Ukuran ini nantinya menentukan karburator yang sesuai dengan RPM power mesin.
DISPLACEMENT adalah satuan kapasitas isi silinder dalam LITER.
PEAK yaitu puncak tenaga mesin pada putaran mesin maksimum yang ingin dikejar.
VARIAN adalah konstanta penentu apakah mesin kamu special engine ataukah mesin produksi massal. Nilai varian memiliki rentang 0.65 hingga 0.9 , dimana motor Moto GP memakai nilai maksimal yaitu 0.9, sehingga kelas MOTO GP 125 cc dimana mesin mampu berkitir hingga 14.000 RPM berani memakai karburator gambot sebesar 38mm, sedangkan kelas drag bike lokal biasanya cukup memakai karburator 34mm.
Sebagai contoh,
Kita ambil sebuah motor standar Jupiter z missal, dengan kapasitas 107cc, ingin mencapai tenaga di putaran 7500 RPM. Varian yang dipakai adalah 0.6
Sehingga ketika dimasukkan ke dalam rumusan tersebut adalah sebagai berikut :
THROTLE = 0.6 x sqrt ( 0.107 * 7,500 )
Didapat hasil Throtle adalah 16.9 atau jika dibulatkan adalah 17mm, itu merupakan spek standard pabrik yang tentunya sudah dihitung cocok untuk dipakai harian, nyaman dipakai menggonceng pacar -bagi yang jomblo ga usah iri
Motor dengan spek seperti ini jauh dari kata bikin ribet. Tapi kalo turun balap ya keburu kehabisan nafas dan ditinggal minum kopi sambil rokokan ama lawan di garis finish hehehehehhehe… Kasian.

Jika kita turun balap drag bike dengan motor jupiter z di kelas 125cc, biasanya tuner menggandeng karburator PE 28mm bukan tanpa alasan, karena tugas karburator tersebut harus mampu mensupport hingga 14.000 RPM, tinggal bagaimana CDI mampu menghasilkan kurva pengapian yang pas serta membuka limiter putaran mesin. Lantas mengapa MIO drag yang notabene memiliki kapasitas 200 cc juga memaki karb 28mm? Mungkin dikarenakan ingin mengejar performa mesin di putaran rendah, karena motor matic optimasi RPM ada di sekitar 8.000 RPM, oleh karena itu dengan perhitungan matang maka awal modifikasi yang presisi bisa berawal dari sini.
Kemampuan karburator mengatomisasi bahan-bakar serta fokus menyebar tenaga pada rentang RPM yang luas harus diimbangi klep dan ruang porting yang selaras.
Nah, seberapa besar reamer karburator ataukah keputusan untuk mengganti karburator dengan venturi yang lebih besar dapat berawal dari rumusan ini. Jadi keputusan yang bijak dapat menghasilkan pilihan karburator yang asyik dipakai harian, oke diajak turing, ataupun bertenaga istimewa saat dipacu untuk balap.
BEST REGARDS,
D.SWEGA
R.A.T MOTORSPORT INDONESIA
Visit us @ Desa Tropodo Indah N 26-28
WARU – SIDOARJO
East Java – Indonesia
Postal code : 61256
contact us @ PH : 0856.455.77.007
mail us @ dragswega201@yahoo.com

BORE-UP Kit Yamaha Jupiter MX 150 CC

The easy way to increase the motor power is to do a bore up. Bore up is a term used to describe where we perform the replacement standard piston with a piston with a diameter of a much larger, so this is really different from just doing oversizing. Where the maximum oversizing is 1:00, which means a piston with a size of 54mm for example, in the replace with oversized piston kit 0:50 then the new size is 54.50 mm, it's just slightly bigger. While the bore up is actually replacing the piston with the piston example jumbo size with a diameter of 50mm replaced with 56mm, 6mm wuiikkk ... difference, still sounding a bit, but this is very influential on the engine capacity, and whatever you do with the enlargement of the piston always had the effect on increasing the compression ratio which of course means there will be an extra power gained from such modifications.

This time we want to review about Jupiter MX is quite a favorite for the Bore Up, let alone the MX has a sibling who had 150 CC with similar engine capacity Hmmm ... There are two ways you can do, namely to over bore wall liner to force Touring the piston in order to enter, while the second way is to buy a Bore-Up Kit for Yamaha Jupiter MX so that it can be directly applied to the motor.

Like this one we did was make a bore up kit, so that the cylinder block's original MX will be evicted by the new Block Cylinder Injection of motor sport is. Technical difference is the location of the piston diameter of 57 mm Vixion making a steady ammunition stuffed into the cylinder to Jupiter MX. Take it easy for MX cylinder head can still be used, because the surface of the piston V-Ixion has a concave dome aka embraced the low-compression type, so it certainly does Sedaya tasih MX bike is safe mawon ngaggem pertamax plus fuel. Nggih ...

For installations not get enough spruce distress which means Yamaha V-Ixion liner in order to have the same outside diameter with standard Jupiter MX, after turner also appeared on the cylinder liner wall thickness still have a fairly safe to use daily. Well, let's application! Do not forget to reset the settings need to be done to get maximum results. Turn on, and Gas Polll ...!

best regards,

d.swega

R.A.T Motorsport

Visit Us @ Desa Indah Tropodo Block N no. 26-28

Waru - Sidoarjo

085645577007

Also visit our new website @ http://ratmotorsport.net

Pilihan Settingan Bore-Up Jupiter MX 135, Bisa Naik 17 dk!

Untuk pembesut Yamaha Jupiter MX yang dalam waktu dekat berencana meng-upgrade performanya, simak deh baik-baik ulasan berikut. Terutama yang berniat mengaplikasi paket bore-up-nya yang belakangan banyak beredar.

Begitu pula bagi yang sudah menerapkannya, tapi belum menemukan settingan pas. Sehingga performa tak sesuai yang diharapkan. Sebab beberapa bengkel top di Jakarta yang beberapa kali menangani bore-up MX mau kasih bocoran soal settingan yang pernah mereka terapkan.

Nah, ada beberapa pilihan bore-up yang bisa didiaplikasi buat motor ini. “Mulai piston standar V-Ixion (57 mm), 58 mm, 60 mm, 61 mm dan 62 mm. Tapi kalau buat harian, maksimal pakai 60 mm saja atau cukup 58 mm,” bilang Teddy Cong, punggawa PT Globar Motorindo (GM) di kawasan Galur, Cempaka Putih, Jakpus.

Kalo pilihannya pembesaran kapasitas kayak V-Ixion (149,8 cc), ”Bisa aplikasi blok silinder V-Ixion berikut piston orisinalnya,” tukas Ari Setiawan alias Kurok, mantan mekanik racing AHRS yang hijrah ke GM.

Pada pilihan ini, kata Kurok karburator standar masih cukup mumpuni digunakan. “Namun perlu rejetting. Main jet dan pilot jet dinaikkan 1 step. Tapi sebelumnya, saluran masuk dan buang sebaiknya di-porting dulu untuk mengimbangi volume silinder yang bertambah,” terangnya.

Lalu saluran gas buang alias knalpot dibikin lebih plong. Bisa membobok saringan knalpot standar, atau adopsi knalpot freeflow aftermarket. “Biasanya gue pakai knalpot AHRS F4. Trus, CDI-nya diganti pakai Rextor Adjustable dan gir belakang diturunin 2 mata,” tambah Kurok.

Hasilnya, selain horse power bisa terkerek 4-5 dk, top speed dijamin melonjak banyak lantaran perbandingan final gear diberatkan. “Tapi kalau mau lebih gede lagi powernya, kem ganti pakai yang durasinya tinggi untuk harian,” ujarnya. Oh iya, tak lupa paking blok maupun head kudu diganti pakai punya V-Ixion.

Pakai PE28 hasil bakal lebih maksimal (kiri). Untuk karburator standar, spuyer dinaikkan 1 - 2 step sesuai permintaan mesin (kanan).
Sementara bila paket bore-up piston 58 mm (155 cc) yang dikehendaki dan ingin horse power mencapai 17 dk, boleh tiru settingan yang diterapkan Suar, mekanik Bintang Racing Team (BRT) yang bermarkas di Cibinong Jabar.

“Saluran masuk dan buang tetap mesti di-porting polish. Lalu kem diganti punya V-Ixion. Dibarengi menukar per klep lebih keras dikit. Bisa andalkan produk CLD. Lalu knalpot standar dibobok dan karburator pakai Keihin PE28 dengan kombinasi spuyer 115/38 (main jet/pilot jet),” beber Suar.

Pada sektor pengapian, CDI ditukar pakai BRT I-Max 20 Step. Lalu setelan klep in dibikin 0,13 mm. Sedang klep out 0,18 mm. Lalu biar kinerja kopling gak mudah selip, per dan kampas kopling diganti pakai produk BRT.

Plug and play bore up JUPITER MX

before it i cuman nyang menerusken what I gugling about jupiter mx 150, from his name is 150, consequently the cylinder Touring nyang so referral is definitely f. .. so ..
The price is still normal 1.1 jeti, I understand well blum also seh, why how part of this pnp cuman buwat MX full cluth, pnp or alias direct plug n play live plek make,. For durability blum i know
According to the seller's claim does indeed part prodak YAMAHA, is in the form pack cuman kuzuz bore up jupiter mx, there sapatau nyang silahken already pake-pesanya impression post comments under this post
..
Bore up jupiter mx package:
* Piston
* Piston Ring
* Cylinder block diasil
* chamshaft / Noken Touring
* cylinder head gasket

Claim seller: plug n play to be 149.5 cc mx

Sunday, November 20, 2011

Bore Up New Jupiter Z 150cc | Yamaha Jupiter Z

Bore Up New Jupiter Z 150cc, Yamaha Jupiter Z - Bagi sobat pemilik motor new jupiter z yg ingin menaikan performa motornya jangan nanggung-nanggung. Yamaha new jupiter z , dibekali tampang keren, modis, aerodinamis, tapi dengan mesin 115cc pun, belum sanggup mencukupi kepuasan pria-pria sejati Indonesia. Suara knalpot sedikit noisy, yang dibenci ibu-ibu itu, ternyata tetap tidak membuka potensi tenaganya.

Rahasia merubah karakter mesin yamaha new jupiterZ adalah, BORE UP Yamaha Jupiter Z! Setelah kamu bongkar head cylinder dan block cylinder-nya, disitu kamu harusnya dapat membaca betapa besar potensi mesin yamaha. Konfigurasi mesin overstroke dengan langkah 57,9mm namun diameter piston 50mm, yamaha seakan-akan hanya menciptakan mesin mio dengan sistem gigi transmisi,so sad.. but true…

Paket peningkat tenaga yang kita tawarkan adalah, membangun ulang konfigurasi mesinnya! Pekerjaan utama yang harus diganti adalah piston! Jika mio harian banyak yang mem-bore up hingga 150cc, kenapa pemilik new jupiterz atau vega zr takut? Tanamkan piston diameter 58mm, banyak pilihannya, mulai yang flat macam milik yamaha byson , atau mengadopsi milik honda sonic / cs1 yang agak jenong! Asyiknya , penanaman piston ini hanya memerlukan penggantian liner, tanpa harus membongkar crankcase dan memperlebar lubang tengah baut tanam.

Dengan rumus V = ( 3,1416 x D x D x S ) / 4000, dimana D adalah diameter piston , S adalah panjang stroke. Maka didapat kapasitas baru sebesar 152,97 CC. WOW!!! Penambahan hampir 40 cc adalah sebuah hal yang dapat dipastikan membuatmu bergetar saat menancap gas! Tapi sabar dulu. . . Kita mau memodifikasi mesin dengan presisi , ini tahun 2011 bro, bukan 90 an!

Penambahan 40 CC pada silinder akan berimbas pada rasio kompresi, melonjak jadi 11,6 : 1, Berani? Kalau ada pertamax plus selalu tidak apa-apa. Lagipula kompresi semakin tinggi keawetan usia komponen akan semakin menurun.

Noken as bagian pemasok bensin bisa di awali dengan membuka di kisaran 30 derajat, dan menutup di 80 derajat, begitu sebaliknya. LSA lebar lebih pas bagi yang masih ingin mempertahankan karburator kecil. LSA lebih sempit bisa dipakai untuk pemakaian karburator venturi extra besar , misal pe28mm. Penambahan luasan venturi sebanyak 10mm lebih, mengindikasikan penambahan lift sekitar 30 %.

Ini didapat dari rumusan 2 tak, setiap karbu direamer 1mm, lidah stoper biasanya dilebarkan 3 % dari standard! Yeah, kita memang ingin menciptakan mesin 4 tak, sekencang 2 tak, tapi tetep irit konsumsi bbm pastinya.Maka dari itu, main mesin yang pasti-pasti aja, jangan coba-coba hehehe…

Setelah dihitung-hitung , lift klep dikisaran 7.8milimeter, masuk di area 27 % masih aman dipakai harian. Instalasi pir klep swedia sebagai pembalik klep mutlak perlu, menggantikan pir katup standard. Sehingga bila dipasok otak pemicu pengapian macam BRT maupun REXTOR, masih sanggup menggapai RPM tinggi dengan aman jika sewaktu-waktu ingin mengejar honda tiger.

Penataan dapur pacu kelar! Urusan knalpot perlu dihitung ulang. Tinggal lihat buku catatan modifikasi mesin, dilirik tabel dimana klep ex mulai membuka di kisaran 80 derajat, torsi puncak dipatok di 9,000 RPM, maka panjang pipa utama adalah 21,5 inches. Jika dikonversi, panjangnya sekitar 55 centimeter. Untuk menghitung lebar diameter dalam knalpot nya tinggal lihat rumus dibahawanya,
ID = sqrt ( cid / ( p + 3 ) x 25 ) x 2.1

p adalah panjang pipa knalpot dalam satuan inchi, maka didapat hasil sebesar 26 milimeter, wow… besar sekali. Untuk memperkuat torsi bawah, maka primary pipe kita putuskan memakai sebesar 24mm, sedangkan porting buang 23mm, baru pada secondary pipe kita lanjut sebesar 26mm. Kemudian menggembung semakin besar selaras dengan panjang knalpot. Pengaturan silincer, tinggal lihat halaman sebaliknya, lebih menyukai untuk karakter trek panjang atau pendek, bisa diatur dari silincer. Yang terpenting kita memiliki patokan dasar panduan arah modifikasi kita, semua lancar.

Segitu aja dulu gan Sharing tetang Bore Up New Jupiter Z. Semoga bisa bermanfaat & motor agan semua jadi tambah kenceng... heeeheeeheee :D

XP 202

Modul pengapian from ciomas mengedepankan teknologi LCCM ( Low Current Consumption Module Technology) sehingga arus listrik yang dibutuhkan lebih kecil, alhasil temperature CDI enggal terlalu panas dan stabil di kitiran rpm tinggi.

CDI Rextor New Monster (RR) Suzuki Satria 150

CDI Rextor New Monster (Monster RR) for Suzuki Satria 150 with map switches feature active, tampilann new software with a simple and easy to use. USB programming cable model for setting more easily and without batteries. Ignition energy of one of its advantages.

Carburetor Keihin PWK 38 U.S. SUDCO

Carburetor Keihin PWK 38 Air Strike SUDCO. Venturi carburetor with a large but still have low diputaran maximum performance with the help of Air Striker at the mouth of the carburetor and the lap top is getting better.

HiSpeed ​​piston 72 Mio

HiSpeed ​​piston racing for Yamaha Mio size of 72 mm. Equipped with a pin and piston rings so easy in installation. Dome height so it can diprofil as necessary. Good materials and lightweight piston produces high performance for racing.

YY Pang exhaust Yamaha Mio

YY Pang exhaust Yamaha Mio with the model Croom and selincer free flow to improve the performance of the engine remains smooth voice Namu. Materials are lightweight and strong and durable.

YYPang Exhaust Honda Charisma 125 / Blade

Exhaust for Honda Karisma YYPang 125 or Blade of material chrome-coated steel roll. Produce optimum engine performance.

Knalpot YY Pang Yamaha Jupiter Z / Yamaha Legenda SP

YY Pang exhaust for racing purposes, with galvanized material in the dressing with the finishing Croom. Improve the performance of the engine so that acceleration and power up. Advanced fabrication process that produces a smooth grafting techniques.

CDI Rextor Monster Yamaha Jupiter

CDI Rextor Monster series adalah CDI DC programmable dengan energi pengapian yang besar, menghasilkan nyala api yang panjang sehingga proses pembakaran lebih cepat dan efisien. Meningkatkan performa mesin serta handal dalam penggunaan di roadrace, dragrace ataupun grastrack.

CDI Racing BRT

Perkembangan teknologi mesin sepeda motor secara mekanikal telah mengalami kemajuan sangat pesat tetapi tidak sebanding dengan perkembangan electronic yang mengendalikan mesin. Dengan konsep Digital semua perangkat yang dikendalikan akan lebih presisi.

Sebagai pemegang merek yang banyak terjual di pasaran, pihak CDI BRT bisa ditanya soal CDI racing. “CDI racing tidak hanya unlimiter, kurva pengapian lebih advanced. Bahkan bisa diprogram,” jelas Tomy Huang, bos BRT yang baru saja merampungkan CDI buat Ninja 250.

Yang dimaksud lebih advanced derajat pengapian dibikin lebih maju dari standar pabrik. Namun pihak BRT memprogram advanced masih dalam posisi aman. “Artinya masih bisa dipakai untuk motor harian juga,” jelas Tomy yang berkacamata itu.

Pengapian lebih maju dimaksudkan supaya tenaga mesin lebih besar. “Kondisi ini cocok untuk mesin dengan bahan bakar oktan tinggi. Juga kompresi lebih tinggi dari standar,” bilang Tomy yang menggunakan cip dari Philips Belanda itu.

Kelebihan CDI racing BRT tidak hanya cocok untuk motor harian. Motor balap yang spek hig compression juga bisa pake. Apalagi BRT sudah mengeluarkan versi programmable yang diatur lewat remote.

Wajar jika CDI racing dijual dengan banderol mahal. Punya kelebihan dan programmable. “Yang dimaksud bisa diprogram itu tidak hanya timing atau derajat pengapian. Tapi limiter juga bisa diseting pada rpm berapa saja,” jelas Tomy yang menjual CDI dalam jumlah puluhan ribu tiap bulannya.

Menurut Tomy lagi dan lagi, CDI racing sekarang juga perlu limiter. Sesuai permintaan pasar dan mekanik sekarang. “Motor balap putarannya tidak terkendali. Jika dibiarkan lost tanpa batas, mesin kerap rontok.

Tipe-tipe Cdi Racing BRT


CDI RACING HYPERBAND

Teknologi : Digital.
Tipe : DC Hyperband.
Fitur : Advance Ignition Timing (Multi Steps Advance),CDI ramah lingkungan, Automatic Low Voltage Protection.
Aplikasi : Racing.
Digital CDI Hyper Band merupakan pengembangan pertama yang berbasis digital dengan kurva pengapian terprogram untuk menghasilkan powerband yang sangat lebar hingga mencapai lebih dari 20.000 rpm tanpa adanya batasan (limiter).



CDI RACING DUAL BAND
Teknologi : Digital.
Tipe : DC Hyperband.
Fitur : Advance Ignition Timing (Multi Steps Advance), CDI ramah lingkungan, Automatic Low Voltage Protection.
Aplikasi : Harian, Racing, Kompetisi.
Digital CDI Dual Band adalah CDI Digital pengembangan kedua yang kami ciptakan untuk keperluan Standard, Tune Up, Racing dan kompetisi. Dengan teknologi Dual Band, kami menggabungkan seluruh keperluan pemakaian sepeda motor.


CDI i-Max Dualband (Remote)
Teknologi : Digital.
Tipe : DC Programmable Remote Dualband.
Fitur : i-MAX Programmable Remote, 8 Steps KurvaPengapian, Limiter program, CDI ramah lingkungan, Automatic Low Voltage Protection.
Aplikasi : Harian, Racing, Kompetisi.








CDI SmartClick Dualband
Teknologi : Digital.
Tipe : DC Programmable Remote Dualband.
Fitur : i-MAX Programmable, 16 Map Selektor Limiter,16Limiter program, CDI ramah lingkungan, Automatic Low Voltage Protection.
Aplikasi : Harian, Racing, Kompetisi.

Cdi Rextor Pro Drag Baru

CDI racing ini telah di buat khusus untuk kompetisi balap motor,tetapi , bagi anda yang mau mengaplikasi CDI racing ini ke motor harian anda jangan kuatir untuk mengaplikasikannya,karena CDI racing ini juga membuat khusus untuk spek motor harian so kalau anda pecinta kecepatan segeralah mengganti CDI motor anda dengan CDI Rextor.

Salah satunya seri Pro Drag yang jadi favorit untuk road race meski awalnya dibikin untuk drag tapi karena mampu menghasilkan energi pembakaran yang besar hingga menyebar ke tuner road race.

Generasi terbaru Pro Drag kini tampil baru dengan casing plastik (versi sebelumnya dengan aluminium) dan ukuran lebih ringkas. "Tak hanya lebih kecil hingga memudahkan pemasangan tapi juga fitur pengesetan kurva pengapian kini per 250 rpm, jadi lebih presisi lagi dibanding generasi sebelumnya yang per 500 rpm.

Harga jualnya tak beda dengan yang lama dan banyak dipakai oleh tim papan atas seperti Yamaha Trijaya, Yamaha Yonk Jaya dan kini Honda Oei Racing.
Nah bagi pecinta balap silahkan coba-coba deh,,
gak ada salahnya gan buat motor lebih kenceng lagi,,
hehehehe...

Cylinder Block and Cylinder 125 cc MP1 Kop

Block header to make jupiter a complete mp
Noken fat, 55.25 piston, a valve japan, the diameter of the valve 28/23 (sonic), SND manifold, coolant cap gear teaming 129.8 Cc. Price 4.5 million (including ongkir)

Noken as BALAP MOTOR

ve so often you read and understand how a 4 stroke engine on a motorcycle to work, you certainly know the part called the valve / valve, which allows him a mixture of air / fuel into the engine penetrated or ejected out into the exhaust. Noken using the bulge (called Nok) to compress the valve to open when Noken spinning - pear valve and then works to restore the valve to the closed position. This is a very important performance! Have the most impact on the output power / performance of the engine at different speeds.

Here, we will learn to understand how Noken As affects the performance of a machine. So when you want to develop your racing machine to a higher level, be it a Road Race, Drag Race, Cross, or simply want to improve the performance of your bike for daily use on the highway, you know that the RAT Motorsport Noken produce the highest possible performance, provide superior service, and always do the development of technology.

So let's start from scratch!

Lockdown of a camshaft is Noken or ridge / Nok / Lobe has. When Noken spins, this bulge punching valve to open and close in accordance with the movement of the piston. This is proof that there is a direct relationship between the shape of a Noken and how to display the engine performance at different speed ranges.

To understand this case, imagine we are running the engine very slowly - 10 or 20 RPM - so that the piston has a few seconds to complete the cycle. But it is impossible to run this machine as slow as normal, but just imagine if we could. With speeds as low as this, we want a bulge shape Noken as:

Instantly the piston moves down on the steps of suction, the intake valve is open. And closes when the piston in the TMB.
Exhaust valve opens when the piston TMB at the end of the expansion step, and close the flue when the final step.
This setting is suitable for a machine that moves very slowly. But what happens when you increase RPM? Let's find out!

When you raise the RPM to be only 4.000 rpm, the valve open and closed 2,000 times every minute, or 33 times every second. Yet we still think the RPM is low is not it? For us fans speeds, to increase the adrenaline usually we like menggeber to over 8.000 RPM, and imagine that the valve opens and closes more than 60 times each second! Even blink our eyes alone can not be that fast. Then how can meet racing engines intake air / fuel into the engine, and discard the rest of the combustion gases at high speeds of up to 12.000 RPM engine screamed more?! Wow, at this speed, the piston moves up and down in the cylinder so fast, also a mixture of air / fuel penetrated so rapidly into the cylinder.

When the intake valve opens and the piston start the suction step, a mixture of air / fuel in the port began to accelerate into the cylinder. Immediately below the piston reaches the suction step, a mixture of air / fuel is moving at high speed. If we just close the intake valve at this point, the overall air / fuel stops and does not enter the cylinder. By allowing the valve to remain open a little longer, inertia (momentum) velocity of gas mixture of air / fuel intake will continue to push this into the cylinder while the piston has started initial compression step. We also want the valve wide open at high speeds - this parameter is called Lift Valve, which is set from profiles Noken bulge.

Therefore, every detail of a particular specification, use the tuner to design Noken specifically for the machine and the purpose built machine. How the lack of a machine, can be driven from the heart, regulating pulse and rhythm of the pace of an engine power of Noken course. Grinding Noken far more effective and efficient way to regulate the rhythm of duration and lift as long as it is done properly by an experienced tuner in its field.

Noken EACH WILL ONLY PERFECT IN A RANGE OF SPEED OF CERTAIN MACHINES! At a certain energy range, the engine will not produce the performance on its full potential. Of course not optimal to use the default standard Noken motor when the engine has been modified in such a way as to be driven on a racing competition. As we can not apply Noken with specifications for competition racing on a standard engine that is used daily, in addition to wasteful consumption of fuel is also potentially damage the engine. Of Noken as Street Performance is playing in 270 degrees and lobe lift is not too far from the original congenital motor, ideal for standard engines or with minimal changes, slightly above mengatrol power without loss of torque in the run-down so that fuel consumption can still be tolerated.

RAT MOTORSPORT, never forget that performance is not simply defined in the theorem - both on the track or on the road. We spend thousands of hours devoted to personal, as well as racing team, to continue to develop products that we produce Superior Performance and durability of the strongest.