Wednesday, November 23, 2011

Paket Kopling Manual New Jupiter-Z dan Blade, Praktis dan Responsif

Bikin akselarasi lebih responsif, anak muda pembesut bebek banyak ganti kopling sentrifugal jadi manual. Paling gampang lagi kalau rumah kopling pakai per spiral, bukan pegas diafragma (per model mangkuk). Sebab untuk mengubahya lebih mudah juga hanya sedikit part diganti.

Paling ribet kalau mau bikin kopling manual di motor Yamaha New Jupiter-Z dan Honda Blade. Kebetulan dua tunggangan ini komponen penerus dayanya menggunakan pegas diafragma. Sehingga untuk mengubahnya banyak yang adopsi part dari motor lain, selain harus bikin dudukan stut kopling di bak mesin.

“Misalkan New Jupiter-Z di balap. Selain bikin dudukan stut kopling, rumah kopling Honda Supra atau Grand jadi pengganti clutch outer comp alias rumah kopling New Jupiter-Z. Yang tetap dipakai gigi sekunder New Jupiter-Z aja,” beber Hawadis, mekanik tim balap Yamaha Yamalube KYT Tunggal Jaya ASH.

Rumah kopling Supra ke New Jupiter-Z pun masih perlu melakukan ubahan. Lubang tengah rumah kopling Supra diperbesar sesuai dengan as girboks New Jupiter-Z. Setelah itu dibubut 4-5mm pada permukaan clutch outer comp Supra untuk menyesuaikan 5 kampas kopling Yamaha Jupiter MX 135LC 2010.

Asumsi Hawadis, proses ubahan itu agak ribet dan butuh waktu lama. Belum lagi bila ditakar dengan tingkat kepresisian hasil ubahan. Dikhawatirkan posisi pasang stut di bak kopling dengan as pendorong kampas di rumah kopling tidak center. Dan efeknya, motor malah kadang jadi sulit pindah gigi.

Kalau enggak mau repot sekarang ini ada part paket kopling sentrifugal ke manual dengan mudah juga singkat. Maksudnya, untuk menerapkan paket komponen ini pemilik motor enggak harus pergi ke tukang bubut, apalagi kelamaan nunggu proses bikinnya.


Paket kopling manual buat Blade juga ada
“Pokoknya kalau pakai paket kopling manual ini, pemilik motor tinggal duduk manis dan enggak perlu tunggu waktu berhari-hari. Sebab proses aplikasinya dipastikan tidak rumit lantaran semua komponen memang sudah mendukung. Mulai dari ubahan pada bak juga di rumah kopling,” lanjut Hawadis yang jual paket ini seharga Rp 850 ribu.

Misalkan untuk New Jupiter-Z. Paket ini terdiri dari bak mesin ubahan stut kopling berikut peranti pendukung lainnya, yaitu as serta tuas pengait, tuas dan kabel kopling juga braket kabel yang nanti dipasang di bak mesin. Sedang part lainnya ada rumah kopling 6 per spiral, kampas dan pelat kopling. Juga tersedia paku keling untuk mengikat antara rumah kopling dan gigi skunder.

“Makanya yang dipakai cuma gigi sekunder asli New Jupiter-Z, karet bantalan di dalam gir sekunder dan rumah kopling. Selain itu, tinggal beli balancer sebagai pengganti rumah kopling sentrifugal aslinya,” imbuh mekanik bermarkas di Jl. Swatirta 28, RT 17/09, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Telepon (021) 4309388.

Pemilik Blade atau Revo pun tidak perlu dikhawatiran. Sebab Speed Shop MC Racing di Jl. Kebon Jeruk IX, Kota, Jakarta Barat itu juga menawarkan paket sejenis khusus untuk motor berlogo kepak sayap.


Awalnya banyak dipakai di motor balap Yamaha(kiri). Responsif lantaran pegas spiral berjumlah 6(kanan)
Isi paketnya sama. Ada bak mesin ubahan stut kopling berikut as serta tuas pengait, tuas dan kabel kopling juga braket kabel. Rumah kopling juga pakai 6 per spiral, kampas dan pelat kopling juga tersedia paku keling untuk mengikat antara rumah kopling dan gigi skunder.

“Mereknya SNS produksi Malaysia. Harga yang dipasarkan Rp 850 ribu untuk satu set. Paket ini terbilang murah, simpel dan singkat waktunya. Jadi, enggak perlu repot lagi kayak waktu ganti rumah kopling Honda Karisma,” ujar Michael, juragan MC Racing yang bisa dikontak di nomor (021) 62202361.

0 komentar:

Post a Comment